BEM

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Universitas atau Institut. Dalam melaksanakan program-programnya, umumnya BEM memiliki beberapa departemen.

Organisasi mahasiswa intra kampus selain BEM, adalah Senat Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan. Ada atau tidaknya masing-masing, bergantung pada perkembangan dinamika mahasiswa di setiap kampus.

Pimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) atau organisasi kemahasiswaan tertinggi pelaksana kegiatan eksekutif di tingkat perguruan tinggi yang dimaksud adalah Presiden/Ketua, Wakil Presiden/Wakil Ketua, Sekretaris Jenderal, Bendahara BEM tingkat perguruan tinggi.

1. Tujuan

a. Meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi dalam persaingan global, yang memiliki jatidiri bangsa guna mendukung percepatan perguruan tinggi berstandar internasional.

b. Meningkatkan hubungan kerjasama antara mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa luar negeri, sebagai upaya pengembangan wawasan multikultural guna memantapkan kepemimpinan mahasiswa.

c. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang sistem dan mekanisme kemahasiswaan di berbagai negara yang turut mendukung peningkatan mutu perguruan tinggi.

2. Sasaran

a. Terbinanya mahasiswa Indonesia seutuhnya dan berwawasan global dengan tetap mengedepankan jatidiri bangsa Indonesia.

b. Berkembangnya aktivitas organisasi kemahasiswaan yang mendukung perguruan tinggi menuju perguruan tinggi berstandar internasional.

c. Terciptanya tata-kelola dan tata-laksana organisasi kemahasiswaan sebagai bagian dari lembaga perguruan tinggi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Antara Individu dan Masyarakat

Pengertian dan Contoh dari Proposisi, Premis, Term dan Penalaran

Elastisitas Sempurna